Penjelasan dan Macam-Macam Jenis Lipatan Daun


Lipatan Daun Pisang

A.      Pengertian Lipatan Daun atau Samir

        Lipatan daun atau samir adalah dekorasi pada hidangan khusus dengan menggunakan lipatan daun agar mendukung penampilan hidangan sehingga mempunyai nilai tersendiri dan memperindah hidangan tersebut. Fungsi lipatan daun yaitu untuk hiasan pada pinggiran alas hidang, wadah hidang atau keranjang hidang.

B.       Syarat Daun (Daun Pisang)

Syarat daun pisang yang digunakan :

a.    Warna daun hijau tua menarik.

b.    Permukaan daun mengkilap.

c.    Bersih dari debu dan kotoran.

d.   Daunnya tidak mudah robek.

C.       Teknik memilih Daun

Memilih, menggunakan dan mempertahankan kesegaran daun pisang:

a.  Untuk alas/dasar dapat digunakan:

·         Daun pisang kepok;

·         Daun pisang siam/ambon;

·         Daun pisang batu.

b.  Untuk lipatan

Disarankan menggunakan daun pisang batu karena memiliki warna daun yang lebih hidup/hijau dan lebih lentur (mudah dibentuk).

 c.  Untuk lebih awet

Untuk mempertahankan kesegaran dan warna lipatan daun agar tetap hijau adalah:

·       Daun yang telah dilipat menjadi jenis lipatan tertentu, dibungkus dengan kain basah.

·       Direndam air yang telah diberi asam dan air jeruk nipis selama beberapa jam.

·       Disemprot secara periodik dengan semprotan air.

·       Dijemur dibawah sinar matahari.

D.      Jenis-Jenis Lipatan Daun

1.         Lipatan Pincuk

 

            Lipatan pincuk adalah jenis lipatan yang terbuat dari daun pisang yang kemudian dibentuk segitiga dan disemat lidi. Bentuknya persis seperti serok atau pengki. Pincuk adalah jenis lipatan paling simpel dan praktis. Lipatan pincuk akrab digunakan untuk pecel, nasi langgi, sate, nasi liwet dan sebagainya. Dengan kata lain, lipatan pincuk adalah pengganti fungsi dari piring.

2.         Lipatan Pinjung

   

        Macam macam lipatan daun yang kedua adalah lipatan pinjung. Lipatan pinjung berbentuk seperti piramida atau kerucut. Jadi bagian atasnya tertutup. Selanjutnya sisa daun bagian bawah dimanfaatkan untuk penutupnya. Lipatan pinjung digunakan untuk membuat mendhut atau koci koci, beberapa jenis botok, meniran dan bunga rampai. 

3.         Lipatan Sudi

Selain digunakan untuk makanan berat, daun juga dapat digunakan untuk makanan ringan seperti klepon, cenil, dan kue kecil lain. Jenis lipatan yang cocok untuk kue kue manis semacam itu adalah lipatan sudi. Lipatan sudi dibuat dengan membulatkan daun pisang yang kemudian disemat dengan lidi, selanjutnya bagian daun yang runcing ditekan ke dalam sehingga muncul ditengah tengah.

4.         Lipatan Tum

        Ini adalah jenis lipatan yang digunakan untuk nasi bungkus.Lipatan tum dibuat dengan menarik kedua ujung daun (biasanya daun pisang) ke bagian tengah atas.Di Bali ada makanan terkenal yang menggunakan bungkus lipatan tum yaitu tum ayam, tum bebek dan tum ikan. Sedangkan di Jawa, kita mengenal berbagai makanan yang dibungkus dengan lipatan tum seperti misalnya jongkong kopyor, garang asem, bothok, gadon daging, dan lainnya.

 Berikut vidio pembuatan macam-macam lipatan daun menggunakan daun pisang by Marcellda Putri (penulis)


Daftar Pustaka

Paduka, 2020. 15 Macam Lipatan Daun Untuk Wadah dan Hiasan. https://padukata.co m/macam-macam-lipatan-daun-pisang/. (diakses 10 November 2020)

Anonymous. 2015. Hiasan Daun Pisang (Samir). https://safetyzone-work.blogspot.com/2015/08/hiasan-daun-pisang-samir.html. (diakses 10 November 2020)

Anonymous. 2020. Handout Lipatan Daun. http://eprints.uny.ac.id/51240/10/HANDOUT%20LIPATAN%20DAUN.pdf. (diakses 10 November 2020)

Comments

Popular Posts