CLUB SANDWICH DAN CARA MEMBUATNYA

Roti lapis klub (basa Indoenesia: club sandwich atau clubhouse sandwich) adalah roti lapis (sesekali dipanggang), dengan irisan unggas matang, daging goreng (bakon), selada, tomat, dan mayones. Roti lapis ini sering dipotong menjadi empat bagian dan disatukan oleh tusukan koktail. Versi modern sering memiliki dua lapisan yang dipisahkan oleh sepotong roti tambahan. Roti lapis klub kemungkinan berasal dari Union Club (kata club dalam bahasa Indonesia menjadi klub) di New York City. Di negara tersebut sandwich biasanya di bawa ke sekolah atau ke kantor biasa disebut lunchbox atau dengan menggunakan kantong kertas brwarna coklat biasa disebut brown bag untuk di nikmati sebagai makan siang.

Sandwich atau roti lapis adalah makanan berupa dua potong roti yang menjepit daging, sayuran, keju atau berbagai teman makan roti dan biasanya diberi bumbu atau saus sehingga rasanya menjadi lebih enak. Berbagai jenis roti bisa digunakan untuk sandwich dan bergantung pada isi, permukaan roti biasanya dioles sedikit mayones, mentega, margarin atau minyak zaitun yang berfungsi sebagai perekat dan penambah aroma.

Resep Club Sandiwich

3 lembar roti

5 lembar selada keriting

1 buah tomat

Mayonaisse

2 slice keju

2 telur rebus

Saus sambal

Tomato ketchup

Cara Membuat

1.      Pertama bakar roti hingga kuning keemasan. Kemudian cuci bahan-bahan seperti selada keriting, tomat, dan telur.

2.      Kemudian, rebus telur hingga setengah matang. Sesudah itu tiriskan dan kupas kulitnya. Lalu potong-potong menjadi beberapa bagian kecil berbentuk bulat.

3.      Selanjutnya, buang tangkai selada dan potong tomat menjadi potongan tipis.

4.      Lalu olesi roti dengan mayonaisse, saus sambal, dan tomato ketchup. Kemudian lapisi dengan selada keriting, tomat, keju slice, dan telur. Lapisi lagi dengan roti yang sudah diolesi dengan mayonaisse, saus sambal, dan tomato ketchup. Kemudian isi lagi dengan selada, tomat, keju slice, dan telur. Terakhir tutup kembali dengan roti yang sudah di olesi dengan mayonaisse, saus sambal, dan tomato ketchup.

5.      Potong pinggiran roti lalu tusuk menggunakan tusuk gigi dan potong menjadi mpat bagian.

      6. Club sandwich siap disajikan. 


 Club Sandwich 

by Marcellda Putri

Berikut vidio pembuatan Club Sandiwch by Marcellda Putri (penulis)



Daftar Pustaka 

Dony Rangga. 27 September. Sandwich. http://mengenalsandwich.blogspot.com/2014/12/sandwich-sandwich-atau-roti-lapis.html. (Diakses 21 Nov 2020)

Anonymous. 2020. Roti Lapis Klub. https://id.wikipedia.org/wiki/Roti_lapis_klub#:~:text=Roti%20lapis%20klub%20(bahasa%20Inggris,selada%2C%20tomat%2C%20dan%20mayones. (diakses 21 Nov 2020)


Comments

Popular Posts